Artikel Ban Mobil | Hanya 20 Menit Untuk Mengatasi Ban Tubeless Bocor

 

Artikel Ban Mobil | Hanya 20 Menit Untuk Mengatasi Ban Tubeless Bocor

Cara ini cukup gampang. Anda tidak perlu membawa sepeda motor atau mobil ke bengkel.
Kebocoran ban adalah masalah yang sering dialami para pengendara mobil atau sepeda motor. Apalagi, bila kebocoran ban terjadi di tengah jalan. Bagi Anda pengendara motor, terpaksa harus mendorong ke tukang tambal ban terdekat.
Bila Anda menggunakan ban tubeless, mungkin bisa lebih santai. Karena bila tertusuk paku, ban ini lebih kuat dibandingkan ban yang menggunakan ban dalam. Bila ban tubeless terkena paku, biasanya pakunya akan menancap terus serta ban baru kempes beberapa waktu secara perlahan-lahan.

Artikel Ban Mobil | Hanya 20 Menit Untuk Mengatasi Ban Tubeless Bocor

Namun, tetap saja, ban menjadi bocor seketika jika paku yang menancap dan merobek ban. Ban akan kempes seketika pula. Padahal, selain susah, perbaikan ban tubeless jauh lebih mahal.
Melansir dari situs automotto.com, Senin, 9 April 2012, Anda dapat menambal sendiri ban tubeless yang bocor dengan cara yang lebih mudah tanpa harus repot membawa kendaraan ke bengkel dan membayar mahal untuk itu. Tips berikut ini hanya memerlukan waktu sekitar 20-30 menit untuk dipraktikkan.
Yang diperlukan:
1. Tang untuk mencabut paku atau benda lain yang menyebabkan bocor.
2. Tusukan besi, cairan panas, karet tambalan sisipan.
3. Pisau
4. Penghalus kebocoran
Cara menambal:
1. Periksa ban yang bocor kemudian cari penyebab kebocorannya. Apakah karena paku / benda lain.
2. Gunakan tang guna mencabut benda yang menancap di ban, seperti paku. Cabut dengan hati-hati supaya kebocoran tak menjadi lebih besar.
3. Masukkan penghalus ke lubang yang bocor. Tarik-keluar di lubang tersebut selama beberapa kali sehingga lubang yang bocor tersebut menjadi halus dan cukup besar untuk disisipkan karet tambalan. Setelah selesai, biarkan penghalus menempel di dalam ban.
4. Lepaskan penghalus secara perlahan-lahan lalu gunakan cairan panas perekat untuk merekatkan bagian yang bolong tersebut. Oleskan sebanyak dua sampai tiga kali sampai cairannya merata.
5. Masukkan karet tambalan sisipan yang sudah diolesi sedikit cairan perekat ke dalam lubang tersebut dengan menggunakan tusukan. Tekan kuat-kuat sampai timbul bagian yang menonjol. Pastikan bahwa pemasangan karet sisipan tersebut dilakukan dengan benar dan tidak terdapat kebocoran di bagian tersebut.
6. Cabut tusukan lalu biarkan selama beberapa saat sampai karet sisipan tersebut menempel dengan sempurna.
7. Pompa ban serta potong bagian lebih karet sisipan yang menonjol dengan gunting.
8. Periksakan ke bengkel bila masih bocor.
Yang harus diperhatikan:
1. Selalu gunakan sarung tangan pelindung saat menggunakan benda tajam seperti pisau, tusukan, dan penghalus.
2. Menggunakan alat penghalus bisa membantu dalam menghaluskan ban, namun tidak membuat ban Anda menjadi aus serta menyebabkan kebocoran yang lebih banyak.
(can85)

Artikel Ban Mobil | Hanya 20 Menit Untuk Mengatasi Ban Tubeless Bocor
Incoming search terms:

ban mobil tubeless sering kempes (6),daftar harga ban mobil tubeless (4),mengatasi ban tubeless bocor (3),Cara mengatasi ban tubles (2),tubeless bocor (2),mengatasi ban tubles bocor (1),mengatasi dasbor bocor (1),mengatasi ban mobil kena (1),jarga ban mobil tubbles (1),pemakaian shockbreaker di pesawat (1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sponsor

Sponsor

Recent Comments